Waduh, Sembilan Pendaki Tewas Tergulung Salju Himalaya

Waduh, Sembilan Pendaki Tewas Tergulung Salju Himalaya

Setidaknya sembilan orang dikhawatirkan tewas dan enam orang pendakinya dinyatakan hilang, setelah longsor salju menghadang pendakian mereka ke Punca Himalaya di Nepal, Minggu 23/09 kemarin.

Dua jenazah berhasil ditemukan mereka adalah pria berkebangsaan Jerman dan penunjuk jalan Nepal, sementara tujuh lainnya masih tertimbun salju di kawasan Gunung Manaslu.

Para penyelamat bahu membahu mencari korban yang tertimbun longsoran salju 


Petugas kepolisian setempat, Basanta Bahadur Kuwar mengatakan kepada Ap, bahwa 10 orang dinyatakan selamat namun mereka menderita cedera dan segera dilarikan ke rumah sakit melalu transportasi udara.

Beratnya medan salju dan kondisi cuaca yang ekstrem pegunungan cukup menyulitkan pencarian korban yang selamat ataupun telah meninggal dunia.

Korban sedang dimasukan ke dlam helikopter untuk dievakuasi 

Semenjak banyak pendaki dan penjelajah beradatangan ke Himalaya, kawasan ekstrem dan tertinggi di dunia ini telah banyak memakan korban, seperti halnya Gununga Everest. Setidaknya terhitung sebanyak 42 orang termasuk 17 orang asing yang terbunuh akibat hujan salju di Pegunungan Everest sejak tahun 1995.

Gunung Manaslu adalah kedelapan yang tertinggi di dunia, namun disebut-sebut sebagai gunung yang paling sulit didaki.

Sumber

Baca juga:

0 comments



Emoticon