Dapatkan info terbaru via Facebook. Silahkan klik LIKE / SUKA.

?

5 Tempat Wisata yang Terinspirasi Oleh Film

Sponsored

5 Tempat Wisata yang Terinspirasi Oleh Film

Berwisata adalah alasan utama dari kita dalam mengisi liburan, namun terkadang rencana berlibur selalu dipusingkan dengan banyaknya pilihan tujuan berlibur. Namun bagi Anda yang juga pencinta film, mungkin berlibur di tempat seperti yang terdapat di dalam film-film adalah hal yang diidam-idam terutama jika memiliki dana lebih dari cukup. Berikut uniknya.com merangkum 5 tempat wisata yang terinspirasi oleh film;

1. Alnwick Castle di Inggris (Film Harry Potter)
Bangunan dari abad pertengahan ini merupakan istana terbesar nomor dua di Inggris, dan dikenal nama Kastil Hogwarts. Kawasan halamannya merupakan lokasi Harry Potter belajar menggunakan sapu terbang untuk pertama kali, seperti yang terlihat di dalam film Harry Potter and the Sorcerer̢۪s Stone. Namun pada kenyataannya Kastil Alnwick merupakan tempat tinggal raja dan ratu Northumberland yang telah berdiri sejak tiga abad silam. Alnwick memiliki daya tarik sejarah dan keindahan arsitektur, sehingga menjadikannya sebagai tujuan wisata kedua terbesar di Inggris setelah Kastil Windsor. Istana ini menjadi rumah Percys, Earl dan Duke of Norththumberland sejak tahun 1309.

Uniknya, pada taman istana yang bernama Hulne Park, dijadikan tempat bagi para Potter mania yang ingin mendapatkan pelatihan penggunaan sapu terbang. Di dalam Istana, pengunjung bisa menjelajahi ruangan-ruangan mewah dan perpustakaan yang memiliki 14.000 koleksi buku, serta koleksi terbaik lukisan dari Italia di utara Inggris.




2. Titanic Belfast Center di Irlandia (Film Titanic)
Titanic Belfast Center merupakan salah satu dari sejumlah proyek yang dirancang untuk menjadi destinasi pariwisata di Irlandia Utara. Sekitar 100 ribu orang dari 20 negera telah memesan tiket perdana untuk mengunjungi gedung pameran ini. Didirikan di samping peluncuran kapal Titanic oleh galangan kapal Harland dan Wolf seabad lalu. Gedung peringatan yang berbentuk seperti lambung kapal Titanic, dengan ketinggian yang sama. Gedung itu terdiri dari enam lantai yang berisi sembilan galeri. Titanic Centre ini terbuat dari 3.000 panel almunium.

Di dalam Gedung Belfast Centre, pengunjung akan dipersilahkan melakukan perjalanan interaktif, sambil menonton cuplikan kisah dokumentasi. Selain dapat mempelajari sejarah, gedung ini memiliki pertunjukan film 4 dimensi, bercerita mengenai para korban kapal Titanic yang sedang menikmati fasilitas kapal sebelum tenggelam di kedalaman 3.784 m di dasar samudera Atlantik. Selain itu, di dekat Gedung Titanic Centre berdiri kantor perangcangan Harland dan Wolff, tempat pertama kali Kapal Titanic digambar. Titanic Belfast diproyeksikan mampu menarik 125 ribu pengunjung setiap tahunnya dari luar kepulauan Inggris. Selain itu, di Belfast Timur terdapat jalan yang ditinggali ribuan keluarga galangan Titanic yang sudah menetap selama beberapa generasi.

Pembukaan gedung itu juga dibarengi Festival Titanic yang memperingati 100 Tahun tenggelamnya kapal ciptaan orang-orang Belfast yang paling terkenal itu. Sebagai acara peringatan terbesar dunia. Tentu tempat ini akan menjadi satu-satunya situs pariwisata untuk mengenang kisah Titanic yang fenomenal.




3. Dataran Tinggi Skotlandia (Film Braveheart)
Sebuah daerang dengan penduduk yang sedikit dengan jarak rumah yang cukup berjauhan satu sama lain, namun memiliki keindahan alam luar biasa. Film Braveheartyang menceritakan kisah heroik legenda Skotlandia, William Wallace yang diperankan oleh aktor kawakan Mel Gibson. Kisah yang berlatar abad ke 13 di daratan Skotlandia ini memiliki catatan mengesankan dalam dunia perfilman internasional karena tercatat sebagai film box office dengan keuntungan triliunan rupiah.

Kawasan padang rerumputan yang luas bagai selimut, serta lokasi perbukitan, sungai yang mengalir dengan jernih, menjadikan suasana di Film Braveheart lebih hidup, terlebih menceritakan sosok heroik William Wallace yang merupakan legenda daratan negeri para Highlander ini. Lokasi ini pula yang menjadi saksi percintaan antara Wallace dengan kekasihnya, Putri Wales. Wallace pun memetik bunga thistle yang dipetik dari rerumputan liar, memberikannya kepada Putri Wales sebagai lambang cinta suci dan kesetiaanya. Dan hingga saat ini bunga thistle menjadi maskot Skotlandia.


4. Rumah Hobbit di Selandia Baru (Film The Lord of The Ring)
Jika Anda pernah menyaksikan film Lord of The Ring, tentu mengenal sosok hobbit. Hobbit merupakan salah satu ras manusia fiktif yang terdapat dalam karya fantaso Tolkien. Bangsa hobbit digambarkan bertumbuh pendek dan separuh tingginya dari manusia ini, memiliki tempat tinggal yang juga berukuran kecil. Namun tahukan Anda jika rumah mungil yang mereka tinggali tersebut ternyata memang ada? Menjadi lokasi syuting di tiga film The Lord of The Ring Trilogi. Rumah hobbit ini terkenal seiring dengan meledaknya film tersebut, namun dengan demikian belum banyakn yang mengetahui lokasi rumah hobbit itu berada.

Desa yang bernama Matamata, sebuah desa kecil di Selandia Baru, merupakan sebuah daerah yang sejuk dengan keindahan pemandangan alamnya. Tempatnya hening dan senyap, namun situasi tersebut berubah menjadi ramai setelah dijadikan lokasi syuting film The Lord of The Ring. Perusahaan film membuat jalan baru untuk mencapai lokasi, dan membangung 37 rumah hobbit yang dibangun dengan bukit berumput. Desain rumah hobbit sangat sederhana dan hijau. Dindingnya terbuat dari tanah dan rumput dijadikan sebagai atap. Setelah proyek film selesai perusahaan film menginginkan agar rumah-rumah tersebut dihancurkan, karena khawatir mengganggu habitat alam sekitar. Namun hal tersebut urung dilakukan setelah warga setempat mendapatkan permintaan dari para penggemar film The Lord of The Ring untuk tidak menghancurkan tempat tersebut.

Sekarang meskipun rumah-rumah hobbit tersebut telah ditinggalkan dari produksi film, tetapi tempat ini masih ramai dikunjungi oleh jutaan orang tiap tahunnya. Walaupun sekarang penghuni rumah hobbit itu sekarang hanyalah sekawanan domba.


5. Desa Henry River Mill, North Carolina (Film The Hunger Games)
Film The Hunger Games yang saat ini sedang diputar di bioskop-bioskop seluruh dunia, ternyata membuat penasaran banyak orang akan lokasi syuting. Film The Hunger Games menceritakan tentang sebuah permainan yang mengharuskan pesertanya bertarung sampai mati, merupakan adaptasi dari novel laris dengan judul yang sama oleh Suzanne Collins. Hutan yang digunakan sebagai lokasi syuting film tersebut ternyata memiliki daya tarik bagi para pengggemar baik novel maupun filmnyaThe Hunger Games.

Sebuah tempat yang berlokasi di North Carolina, Amerika Serikat. Desa Henry River Mill, merupakan lokasi syuting film the Hunger Games memang merupakan daerah pegunungan dengan pemandangan indah di North Carolina. Guna memenuhi tuntutan cerita maka dibuatlah 12 lokasi tempat permainan dadakan. Sebuah pabrik yang tidak lagi beroperasi sejak tahun 1977 karena terbakar, membuat suasana filmm bergitu mengerikan. Daerah tersebut merupakan properti milik pribadi sehingga tidak boleh seenaknya keluar masuk kawasan tersebut. Hal tersebut membuat sherif yang bertugas kewalahan dalam menghalau wisatawan yang penasaran melihat lokasi syuting, namun demikian menjadikan lokasi tersebut sebagai tujuan wisata, sehingga menggeliatkan usaha wisata masyarakat setempat. Seperti tur dan pelatihan cara bertahan hidup seperti yang terdapat di dalam film tersebut.


Sumber

Sponsored
Copyright 2011. All rights reserved.
artist photos