Dapatkan info terbaru via Facebook. Silahkan klik LIKE / SUKA.

?

Meshworm, Robot Unik Berbentuk Cacing Tanah

Sponsored

Meshworm, Robot Unik Berbentuk Cacing Tanah

Robot yang disebut Meshworm ini terinspirasi dari cacing tanah. Caranya bergerak dan merangkak menyusuri tanah mirip dengan hewan tak bertulang belakang itu, namun robot ini cukup tangguh untuk bertahan dari hantaman martil.


"Anda bisa melemparkannya dan dia tidak akan rusak. Sebagian besar bagian mekaniknya kaku dan rapuh dengan ukuran yang sangat kecil, tapi bagian tubuh Meshworms seluruhnya berserat dan lentur," terang teknisi dari Massachussetts Institute of Technology, Sangbae Kim.

"Ototnya lembut dan tubuhnya lembut. Kami mulai menunjukkan beberapa kemampuan mengubah bentuk tubuh," imbuhnya.

Cacing tanah memiliki dua kelompok otot di tubuhnya. Kedua kelompok otot ini bekerja sama untuk membantunya bergerak di permukaan tanah. Serat otot melingkar yang membungkus sekeliling tubuh berbentuk tabung dan serat otot di sepanjang tubuh cacing bergerak ke arah kiri dan kanan.

Diwartakan Live Science, Minggu (12/8/2012), para peneliti berusaha meniru struktur tubuh ini untuk membuat robot. Mereka membuat tubuh robot yang panjang dan menyerupai tabung, menggunakan selembar polymer lentur dan menciptakan otot buatan menggunakan logam nickel-titanium.

Sebuah baterai kecil dan papan sirkuit disematkan dalam tabung untuk menghasilkan arus listrik yang memanaskan kawat di segmen tertentu sepanjang tubuh. Panas ini memicu kontraksi otot. Mereka pun memanfaatkannya untuk menggerakan robot.

Mereka percaya robot lembut seperti Meshworm mungkin mampu menjelajahi ruang yang ketat dan bepergian dengan mudah di medan bergelombang. Model ini bahkan bisa memiliki aplikasi dalam elektronik, endoskopi, implan dan prostetik.

Sponsored
Copyright 2011. All rights reserved.
artist photos