Dapatkan info terbaru via Facebook. Silahkan klik LIKE / SUKA.

?

5 Fakta Menarik Planet Mars

Sponsored

5 Fakta Menarik Planet Mars

Pekan ini dunia teknologi tengah hangat-hangatnya dengan pemberitaan peluncuran robot penjelajah Curiosity besutan NASA yang mendarat di Mars pada Minggu malam. Curiosity di kirim untuk meneliti tanda-tanda kehidupan dan iklim Mars pada 3,5 miliar tahun lalu, yang diyakini hangat dan basah layaknya bumi di masa awal.


Namun selain itu Mars masih memiliki fakta lain yang menarik, berikut laporannya seperti dilansir Associated Press, Selasa (7/8/2012) :

1. Warna
Nama lain Mars adalah Planet Merah. Alasan penjulukan menggunakan nama tersebut adalah pemandangan di planet ini. Mars tampak berwarna merah-karat karena debunya yang kaya dengan besi.

2. Bobot Jadi Ringan
Gravitasi di Mars hanya sekira 38 persen dibandingkan gravitasi di Bumi. Ini bisa membuat bobot tubuh orang yang berada di sana jadi lebih ringan ketimbang di Bumi. Misalnya, Anda memiliki bobot 150 kilogram di Bumi, bobot Anda akan berkurang menjadi 57 kilogram jika tinggal di Mars.

3. Panas dan Dingin
Suhu di Mars bisa bervariasi mulai panas sampai sangat dingin. Di garis khatulistiwanya, suhu Mars bis amencapai 80 derajat sedangkan di kutub suhunya bisa mencapai minus 199 derajat.

4. Udara Berbeda
Atmosfer di Mars berbeda dengan Bumi. Atmosfer Planet Merah tersebut sebagian besar terdiri dari Karbondioksida dengan sedikit nitrogen dan argon. Sementara itu, atmosfer Bumi merupakan campuran dari nitrogen, oksigen dan gas lainnnya.

5. Hari Lebih Panjang
Satu hari di Mars berbeda dengan di Bumi. Satu hari di planet merah tersebut lebih lama sekira 40 menit ketimbang satu hari di Bumi.

Sponsored
Copyright 2011. All rights reserved.
artist photos