Dapatkan info terbaru via Facebook. Silahkan klik LIKE / SUKA.

?

Bendera AS 40 Tahun Lalu Masih Menancap di Bulan Hingga Kini

Sponsored

Bendera AS 40 Tahun Lalu Masih Menancap di Bulan Hingga Kini


Lunar Reconnaissance Orbiter Camera (LROC) dari National Aeronautics and Space Administration (NASA) memotret gambar bendera Amerika Serikat yang menancap di permukaan bulan sejak 4 dekade lalu untuk mengenang masa bersejarah astronot asal Amerika yang menjadi manusia pertama yang menginjakkan kaki di Bulan pada 20 Juli 1969.

Dilansir Nydailynews, Senin (30/7/2012), akan tetapi, berdasarkan gambar yang dipotret LROC terungkap satu dari enam bendera yang telah terpancang selama beberapa dekade itu masih berada pada tempatnya. Mark Robinson, investigator program satelit lunar mengatakan, foto-foto LROC yang diambil dari waktu berbeda menunjukkan rotasi bayangan di sekitar titik tempat bendera itu berada. Hal ini menawarkan bukti meyakinkan bahwa bendera ikonik ini benar-benar masih ada.

"Astronot Buzz Aldrin melaporkan bahwa bendera itu tumbang oleh hempasan gas buang dari mesin pendakian selama lepas landas Apollo 11. Tampaknya laporan (Buzz Aldrin) itu benar," tulis Mark melalui blog.

Setiap misi Apollo berawak, astronot menancapkan bendera pada permukaan bulan di situs pendaratannya. Bendera itu tidak menandakan simbolis dari klaim teritorial, tetapi mereka menandakan bahwa ini merupakan keberhasilan yang dicapai umat manusia.

Sponsored
Copyright 2011. All rights reserved.
artist photos