4 Penyebab Lelah Saat Bangun Tidur

4 Penyebab Lelah Saat Bangun Tidur


Bangun tidur dan merasa tubuh kembali segar adalah cara terbaik untuk memulai hari agar dapat menjalani aktivitas dengan semangat. Namun, kadang saat bangun tubuh malah terasa sangat lelah.

Untuk itu, Anda tidak dapat langsung memulai kegiatan, padahal telah beristirahat semalaman penuh. Berikut empat hal yang bisa jadi pemicunya.

1. Kualitas tidur yang buruk
Waktu tidur Anda semalaman penuh tidak berarti sama sekali, apabila kualitas tidur rendah. Kualitas tidur yang buruk dapat disebabkan oleh banyak faktor. Antara lain alas tidur yang tidak menopang tubuh dengan baik, temaram lampu, hingga makanan serta minuman yang Anda konsumsi.

2. Konsumsi obat-obatan
Efek yang ditimbulkan oleh obat-obatan tertentu yang dapat menyebabkan kepala pening yang bertahan hingga pagi hari juga berujung pada gangguan tidur. Periksakan ke dokter untuk mempertimbangkan mengurangi dosis atau mengganti obat.

3. Kondisi kesehatan
Kondisi kesehatan tertentu seperti sleep apnea dapat mengganggu istirahat malam hari Anda. Depresi juga bisa membuat energi Anda terkuras, bahkan saat tidur. Hal tersebut yang menyebabkan Anda merasa lelah atau tidak segar saat bangun dari tidur.

4. Jam tidur tidak teratur
Jika Anda memiliki jam tidur yang tidak teratur, tubuh kemungkinan besar akan bangun dengan sendirinya di jam-jam tertentu. Coba untuk mengatur jam tidur Anda dan tidak mengubah-ubahnya. Anda dijamin akan merasakan perbedaan saat bangun tidur

Baca juga:

0 comments



Emoticon