Dapatkan info terbaru via Facebook. Silahkan klik LIKE / SUKA.

?

Uban Menandakan Seseorang Hidup Sehat

Sponsored

Uban Menandakan Seseorang Hidup Sehat


RAMBUT putih atau uban kerap kali dianggap merusak penampilan. Banyak orang yang mengecat rambutnya untuk menutupi uban. Padahal, keberadaan uban menandakan seseorang memiliki tubuh yang sehat, lho.

Sebuah studi di Spanyol menyatakan uban tak perlu selalu dimusuhi. Uban menandakan seseorang memiliki hidup yang panjang dan sehat.

Pernyataan itu diumumkan setelah peneliti mempelajari uban pada babi hutan. "Seperti rambut manusia, babi hutan juga memiliki rambut beruban di seluruh tubuh mereka," kata peneliti.

Mereka menemukan babi dengan rambut beruban memiliki kondisi tubuh yang prima. Tingkat kerusakan oksidatifnya pun rendah. Sementara rambut merah pada babi hutan menandakan ia rentan penyakit.

Menurut laporan penelitian yang juga diterbitkan dalam edisi terbaru jurnal Physiological and Biochemical Zoology, babi hutan liar dengan bulu merah memiliki lebih banyak kerusakan sel daripada babi hutan biasa. Mereka mengatakan produksi pigmen merah akan menggunakan antioksidan yang bisa menghancurkan radikal bebas yang merusak sel.

Sedangkan, pada manusia, penelitian telah menemukan bahwa rambut merah, pigmen merah, dan ormelanins terkait dengan tingkat risiko kanker yang lebih tinggi.

"Mengingat bahwa semua vertebrata, termasuk manusia, memiliki melanin di kulit, berupa rambut dan bulu, hasil ini menambah pengetahuan kita saat ini tentang konsekuensi fisiologis pigmentasi," kata pemimpin peneliti Ismael Galvan.

Sponsored
Copyright 2011. All rights reserved.
artist photos