5 Tempat Berdoa Saat Umroh & Haji yang Cepat Terkabul

5 Tempat Berdoa Saat Umroh & Haji yang Cepat Terkabul


Umrah dan haji adalah wajib hukumya bagi umat Islam yang mampu. Ketika menjalani ibadah tersebut pun umat muslim tak menyia-nyiakannya untuk memanjatkan doa kepa Allah SWT. Bahkan di Makkah, Madinah dan sekitarnya, dipercaya terdapat beberapa tempat dimana jika kita memnajatkan doa maka akan cepat terkabul.

Dihimpun detikTravel, Kamis (26/7/2012) berikut tempat-tempat berdoa yang diijabah :

1. Kawasan Masjidil Haram
Area di sekitar Masjidil Haram adalah tempat pertama yang dipercaya jika setiap doa baik akan dikabulkan Allah. Namun ada beberapa bagian Masjidil Haram yang diutamakan. Yang pertama adalah Multazam, bagian dari Ka'bah, posisinya di antara pintu Ka'bah dan Hajar Aswad.

Yang kedua adalah Maqam Ibrahim, batu pijakan Nabi Ibrahim saat membangun Ka'bah. Ada pula Hijr Ismail, bentuk kontruksi setengah lingkaran di sebelah barat Ka'bah. Dalam sejarahnya, dahulu Siti Hajar dan putranya Nabi Ismail berlindung di tempat ini.

Selain itu ada Hajar Aswad, adalah batu hitam di sudut Ka'bah yang diletakan Nabi Ibrahim. Batu beraroma wangi ini diimani sebagai batu yang berasal dari surga. Kemudian ada Rukun Yamani yaitu sudut Ka'bah yang menghadap ke negara Yaman yang juga dianggap tempat istimewa. Pada saat Sa'i, tempat istimewa untuk berdoa adalah Bukit Shafa dan Marwa.

2. Kawasan Masjid Nabawi
Masjid Nabawi di Madinah adalah masjid terpenting kedua bagi umat Islam setelah Masjidil Haram di Makkah. Kawasan ini pun dianggap mustajab, terutama di Raudhah karena tempat ini aslinya adalah halaman rumah Nabi Muhammad SAW.

3. Arafah saat waktu haji
Padang Arafah menjadi inti dari kegiatan haji tapi tidak dengan umrah. Hanya pada saat haji, para jamaah dari seluruh dunia berkumpul untuk melakukan ibadah wukuf dari tengah hari sampai sore hari. Berdoa saat wukuf di Arafah akan dikabulkan oleh Allah.

4. Muzdalifah saat waktu haji
Usai dari Arafah, para jamaah haji menuju ke Muzdalifah, yang berada di antara Arafah dan Mina, untuk bermalam di tenda-tenda. Jamaah biasanya mengumpulkan batu kerikil untuk dilemparkan saat Jumroh. Pada malam hari adalah waktu yang cocok untuk berdoa dan diyakini akan dikabulkan Allah.

5. Jamarat saat waktu haji
Jamarat adalah 3 pilar batu bersejarah yang pasti didatangi jamaah haji. Sedangkan jamaah umroh tidak pergi ke sini. Dalam sejarahnya, Nabi Ibrahim melempar setan dengan batu di ketiga tempat ini ketika menggodanya agar tidak mengurbankan Nabi Ismail. Ada tiga tempat untuk melempar jumroh yaitu Jumrotul Aqoba, Jumratul Wustho, Jumratul Ula. Para jamaah berdoa di sini.

Baca juga:

0 comments



Emoticon