Dapatkan info terbaru via Facebook. Silahkan klik LIKE / SUKA.

?

Ayo Ganti Sendiri Bohlam Motor Sport

Sponsored

Ayo Ganti Sendiri Bohlam Motor Sport

 

 


Membongkar batok lampu

Lampu pada sepeda motor termasuk komponen yang sangat dibutuhkan, terutama di malam hari dan melewati jalan gelap. "Bohlam sering sekali putus karena bebannya lebih berat akibat dipakai siang malam," ujar Faisal, mekanik senior Sinar Laut Motor, Pondok Labu, Depok.

Untuk mengganti bohlam, sebisa mungkin spesifikasinya sama dengan bawaan pabrik. Pengerjaannya pun tidak butuh waktu lama dan hanya bermodalkan obeng kembang. berikut arahan dari Faisal mengganti bohlam Yamaha V-ixion.

Saat mengeluarkan bohlam baru usahakan memegang bibirnya, bukan kaca, karena bisa merusak pancaran sinar bohlam. Anda pun bisa menukarnya tanpa harus membawa ke bengkel. Berikut arahan dari Faisal.

1. Membuka
Sebelum melepas batok lampu, copot dua sekrup pengikatnya (di bagian bawah). Setelah batok terpisah dari rumah utama, copot kabel kelistrikan dari soket lampu. Setelah itu, lepas pelindung soket dan bagian belakang lampu yang terbuat dari bahan karet.

2. Mengganti
Lepas sekrup pengunci bohlam dengan tatakan di batok lampu, kemudian angkat bohlam dan ganti yang baru. Ketika menggambil bohlam baru dari bungkusnya, jangan sekali-sekali memegang bohlannya, tapi bagian belakang (bibir lampu). Karena keringat yang ada di tangan bisa merusak pancaran sinar. Kemudian Letakkan sesuai tatakan yang sudah tersedia. Pasang pengaman sebelum mengencangkan sekrup. Selanjutnya pasang karet pelindung luar.

3. Memasang kembali
Sambungkan kabel kelistrikan seperti sedia kala. Sebelum dipasang kembali pastikan lampu tersebut sudah menyala, tentunya dengan mengaktifkan motor terlebih dulu. Jangan asal masukkan batok, sebisa mungkin rapihkan dahulu kabel - kabel yang ada disekitarnya. Kencangkan sekrup penguncinya.

Gampang, kan! Silakan praktik.

Sumber : http://otomotif.kompas.com/read/2012/06/22/2773/Ayo.Ganti.Sendiri.Bohlam.Motor.Sport

Sponsored
Copyright 2011. All rights reserved.
artist photos