Dapatkan info terbaru via Facebook. Silahkan klik LIKE / SUKA.

?

5 Wanita Pertama dalam Sejarah Komputer

Sponsored

5 Wanita Pertama dalam Sejarah Komputer

Wanita di abad yang lalu, tidak begitu memegang peranan penting dalam perkembangan teknologi dan informasi, bahkan tidak pernah terdengar sedikit pun namanya. Namun, ternyata dalam sejarah tercatat nama-nama wanita yang berkecimpung dan ikut dalam membesarkan alat bantu yang begitu populer kini. Siapa sajakah mereka? Inilah 5 wanita pertama dalam sejarah perkembangan komputer.

1. Ada Lovelace â€" 1842
Dilahirkan dengan nama Augusta Ada Byron pada 10 Desember 1815, dieketahui sebagai penulis Inggris utama yang bekerja pada Charles Babbage’s. Babbage’s ketika itu tengah mengembangkan mekanikal komputer untuk tujuan umum awalnya, sebuah mesin analitik. Catatan Byron pada mesin tersebut yang saat ini dikenal sebagai algoritma pertama untuk diproses oleh mesin Babbage. Karena hal inilah sewaktu-waktu Byron digambarkan dalam kebudayaan popular sebagai Programmer Pertama Komputer di Dunia. Ada Lovelace muda memiliki ketertarikan pada matematika dan sebagian pekerjaan Babbage pada mesin analitik. Antara 1842 dan 1843, dia menterjemahkan artikel dari matematikawan Italia Luigi Menabrea pada mesin Babbage yang kemudian Byron gantikan dengan beberapa catatan miliknya. Catatan ini mengandung apa yang dianggap sebagai perangkat lunak komputer pertama yang algoritmanya diuraikan oleh mesin. Catatan Byron ini sangat penting dalam sejarah awal komputer.


2. Henrietta Swan Leavitt â€" 1893
Dilahirkan pada 4 Juli 1868, Herietta Swan Leavitt merupakan Astronom Amerika. Lulus dari Radcliffe College, Leavitt pergi pada 1893 ke Harvard College Observatory untuk pekerjaan yang berkaitan dengan komputer, yaitu memastikan dan mengkatalogkan koleksi plat fotografi hasil pengamatan bintang-bintang terang. Pekerjaan ini membawanya kepada teori inovatif di bidang astronomi. Karena hal inilah, Leavitt termasuk kategori wanita pertama yang bersentuhan dengan komputer. Selain itu, dia juga diajukan mendapatkan Nobel pada 1926 dalam bidang Fisika. Namun, karena Leavitt telah meninggal 4 tahun sebelumnya, dia tidak masuk nominasi karena tidak ada penghargaan anumerta untuk Nobel.


3. Grete Hermann â€" 1926
Bernama lengkap Grete Henry Hermann, wanita kelahiran Bremen 2 Maret 1901 ini merupakan matematikawati dan filsuf dari German. Dia mempelajari matematika di Göttingen dan memperoleh gelah Ph.D pada 1926. Tesisnya berjudul Die Frage der endlich vielen Schritte in der Theorie der Polynomideale merupakan fondasi algoritma untuk berbagai masalah dasar pada aljabar abstrak. Tesisnya ini juga merupakan dasar bagi aljabar komputer. Algoritma Hermann masih digunakan saat ini untuk penguraian utama.


4. Hedy Lamarr â€" 1942
Berbeda dengan yang lainnya, Hedy Lamarr diketahui merupakan seorang artis Austria-Amerika yang memiliki kecantikan luar biasa dan memiliki kontrak bintang dengan label film zaman keemasan, MGM. Dilahirkan pada 9 Nopember 1913, Lamarr juga merupakan penemu dan matematikawati yang menemukan teknologi awal untuk menyebarkan spektrum komunikasi dan loncatan frekuensi. Teknologi ini sangat dibutuhkan pada komunikasi nirkabel dari era pra-komputer ke komputer hari ini. Penemuan Lamarr ini banyak digunakan oleh militer pada era-era awal.


5. Jean Bartik
Wanita kelahiran Missouri, 27 Desember 1924 ini merupakan salah satu programmer asli untuk komputer ENIAC. Bernama asli Betty Jean Jennings, dia terpilih sebagai salah satu programmer pertama ENIAC ketika komputer tersebut dikembangkan untuk menghitung lintasan rudal balistik pada 1945. Jean Bartik kemudian menjadi bagian dari grup yang mengubah ENIAC ke penyimpanan program komputer yang aslinya mengimplementasikan ENIAC. Dia kemudian bekerja untuk pengembangan komputer BINAC dan UNIVAC I. Bartik menerima gelar Doktor kehormatan dari Universitas Missouri Barat Laut.


Sumber

Sponsored
Copyright 2011. All rights reserved.
artist photos