Dapatkan info terbaru via Facebook. Silahkan klik LIKE / SUKA.

?

5 Rumah Terkecil dan ‘Unyu’ di Dunia (Bagian I)

Sponsored

5 Rumah Terkecil dan ‘Unyu’ di Dunia (Bagian I)

Ketika harga bahan dasar membangun untuk membangun rumah selalu naik dari tahun ke tahun, begitupula dengan ongkos para pekerja bangunan. Maka mengurangi pembelian bahan bangunan salah satu alternatif untuk menekan biaya yang embengkak. Meskipun terkadang harus merelakan kemewahan dan kenyamanan, namun dengan memiliki rumah kecil ternyata berdampak ramah bagi lingkungan. Rumah yang kecil dapat mengurangi penyerapan panas matahari di atas permukaan bumi. Memiliki rumah kecil pun memberikan kesempatan untuk terjadinya penyerapan air hujan oleh tanah yang tidak tertutupi bangunan. Berikut uniknya,com merangkum 5 rumah terkecil di dunia:

1. Rumah Tumbleweed

Sejak tahun 1977, Jay Shaver dari Tumbleweed Tiny House Company telah menempati rumah yang tidak lebih besar daripada sebuah kamar mandi. Namun meski bentuknya kecil, rumah ini memiliki ruangan-ruangan umumnya sebuah tempat tinggal. Ada ruang kerja, kamar tidur, kamar mandi (dengan pancuran dan toilet) dan ruang keluarga. Bahkan rumah tumbleweed ini pun memiliki serambi, sehingga penghuninya dapat menikmati keindahan dan kecantikan konstelasi langit di malam yang cerah.

2. Rumah Micro Compact

Rumah ini lebih kecil dan pendek dari urutan pertama, ukurannya sekitar 266 cm dengan bentunya yang kubus. Meski demikian, rumah ini memiliki tempat tidur ganda, kamar mandi, lobi dan ruang makan untuk 4-5 orang, dapur serta ruang hiburan. Sehingga meski kecil, rumah ini akan membuat kerasan dan nyaman para penghuninya.

3. Rumah Kecil di Toronto

Wow! Rumah kecil yang satu ini lebih gila lagi. Posisinya diapit oleh dua rumah besar milik tetangganya, sehingga menjadikannya bukan saja rumah terkecil di Toronto, Kanada saja, melainkan di dunia. Rumah kecil ini memiliki sebuah kamar tidur dan kamar mandi, berdiri di atas tanah seluas 2,2 m x 34,6 m. Rumah ikecil Toronto saat ini dalam proses penjualan, dan siapa yang mampu mengeluarkan kocek sebesar 179.900, maka ia berhak menempati sekaligus memiliki rumah ini.

4. Rollit Homes

Rumah kecil yang satu ini merupakan hasil rancangan seorang mahasiswa dari Universitas of Karlsruhe, Jerman. Rumah imut bersifat modular (bongkar pasang), sehingga memiliki ruangan yang terintegrasikan dengan ruang lainnya, juga dapat dikatakan ruangan multiguna. Keunikan dari rumah ini adalah, layaknya mousekomputer, sang penghuni rumah bisa meubah ruangan hanya dengan memutarkan bagian ruangan tertentu. Namun untuk meubah ruangan dan memiliki sudut yang enak, si penghuni harus mempelajari dan melakukan banyak latihan. Jika ia memiliki cita rasa dan selera seni, maka ia akan memiliki tata ruangan tidur, keluarga, toilet dan dapur yang indah. Wow! Cukup menantang bukan?

5. Eco Bike Trailer 

Rumah sepeda ini dirancang oleh Paul Elkins ketika mengikuti sebuah perhelatan Burning Man Festival. Rumah kecil ini hanya dapat ditinggali oleh satu orang saja, meski demikian penghuninya dapat leluasa menikmati keindahan alam sebelum beristirahat. Fasilitas sederhana yang dimiliki rumah sepeda ini di antaranya mesin penghangat yang listriknya berasal dari sistem solar.

Sumber

Sponsored
Copyright 2011. All rights reserved.
artist photos