Dapatkan info terbaru via Facebook. Silahkan klik LIKE / SUKA.

?

5 Inovasi Buah-Buahan Yang Unik

Sponsored

5 Inovasi Buah-Buahan Yang Unik

Di antara makanan bernilai gizi tinggi yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi manusia adalah dengan menjalankan pola hidup sehat, slah satu caranya adalah melalui buah-buahan. Ya, buah-buahan merupakan bahan pangan yang memiliki nilai kesehatan dan ekonomi tinggi karena di dalamnya tersimpan berbagai macam produk metabolisme tumbuhan mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, alkolid, hingga terpena dan terpenoid.

Saking baiknya untuk kesehatan manusia, buah-buahan bahkan menjadi makanan yang wajib dikonsumsi pada saat sakit. Karena kandungan nutrisi dan metabolism yang tinggi, buah-buahan bisa membantu mempercepat proses pemulihan pada saat kondisi tubuh seseorang sedang terganggu. Bukan hanya itu, buah-buahan juga menjadi pilihan utama makanan bagi mereka yang sedang menjalani program diet.

Buah-buahan ternyata tidak hanya bisa dipanen melalui proses alami, tetapi juga dengan rekayasa atau yang disebut hibrida. Dari Wikipedia, hibrida adalah istilah yang mengarah pada generasi hasil persilangan antara dua atau lebih populasi berbeda, baik fenotipe maupun genotype yang terkait dengan gennya. Pengertian ini dapat mencakup generasi langsung hasil persilangan atau generasi lanjut hasil segregasi pada persilangan tersebut. Berikut uniknya.com merangkum 5 inovasi buah-buahan yang unik:

1. Buah Melon Rasa Lemon
Pernah menemukan jenis buah-buahan yang rasanya bertolak belakang atau justru mirip buah lain? Meski terdengar aneh dan tidak mungkin, tetapi hal itu ternyata bisa saja terjadi. sebuah jaringan retail di Inggris bernama Tesco, menjual buah unik hasil inovasi, yaitu melon dengan rasa mirip jeruk. Varietas tersebut kemudian menjadi salah satu produk terlaris di toko tersebut.

Menurut penjual di toko tersebut, buah melon dengan rasa lemon yang banyak diminati itu, tumbuh di Spanyol dan hasil dari percobaan selama 12 tahun, jika melihatnya, siapapun pasti yakin jika buah yang dihadapannya adalah melon. Namun, jika sudah mencoba rasanya, semua pasti terkejut. Ya, rasa buah tersebut tidak sesuai dengan jenisnya. Anehnya, rasa buah tersebut justru lebih mirip buah lain, yaitu zesty segar rasa lemon.

Buah melon ini memang memiliki rasa yang berbeda karena mengandung 700 atau 800 miligram asam nitrat per 100 gram. Kandungan in hampir dua kali lipat dari standar melon dan tingkat PH 4,5 dibandingkan dengan 6,5 untuk melon standar. Salah seorang pembeli di toko tersebut, Paul Cunningham mengatakan, melon yang proses berbuahnya cukup lama itu benar-benar sangat eksotis karena lain dari biasanya. Ini bisa membantu merangsang pangsa pasar dan menjadi buah populer pada musim panas. Retail Tesco menjual melon rasa lemon ini seharga 1,99 poundsterling atau hampir 30.000 rupiah.




2. Apel Rasa Pir/Pappel
Buah hibrida, hasil persilangan antara dua buah mampu menghasilkan varietas baru yang hadir dengan sisi unggulan, misalnya rasa manis serta daging buahnya yang besar. Seperti yang terjadi di Inggris, sebuah toko buah bernama Marks and Spencer menjadi tempat peluncuran buah bernama papple. Seperti dilansir digital spy, papple merupakan bagian dari keluarga atau family pir yang tampak seperti apel, baik secara fisik maupun rasanya.

Dari situs mirror dilaporkan, buah ini belum memiliki nama resmi. Hanya saja varietas baru ini memiliki kode nama T109. Ahli buah di Marks and Spencer yang bernama Shazad Rehman mengatakan, ini merupakan buah yang menarik dan banyak pelanggan yang ingin mencobanya. Ia berharap buah ini menjadi sesuatu yang baru dan dapat dinikmati oleh para pelanggannya. Rasa buah ini sangat menyegarkan, cocok untuk ngemil dan dikonsumsi setiap hari.

T109 tumbuh di Selandia Baru, kabarnya buah tersebut merupakan campuran Eropa dan varietas Asia sehingga menyebabkan mirip dengan apel. Marks and Spencer kabarnya akan mulai menanam buah tersebut di Inggris mulai tahun 2015. Bagi yang tertarik dengan papple, buah ini bisa didapatkan di Marks and Spencer dengan harga yang dibanderol satu poundsterling atau 14 ribu rupiah per buah.



3. Pineberry, Stroberi Rasa Nanas
Sebuah buah unik berbentuk stroberi, tetapi memiliki rasa seperti nanas dijual di Inggris. Buah yang dinamakan pineberry in bentuknya lebih kecil dari stroberi biasa dan memiliki kulit putih dengan bercak merah. Rasa buah ini lebih segar, juicy, dan perpaduan antara manis dan asam dengan bau yang sangat aromatik. Buah ini merupakan buah asli dari Amerika Selatan, tetapi nyaris punah. Buah ini ditemukan oleh petani asal Belanda pada beberapa tahun lalu.

Pineberry kini dikembangkan untuk dijual di supermarket di Inggris untuk pertama kalinya. Buah ini tersedia di toko Waitrose. Menurut kepala toko tersebut yang bernama Nicki Baggot, buah tersebut akan tersedia dalam 5 minggu. Pineberry sangat cocok untuk orang yang membutuhkan hal baru dalam menu diet mereka. bentuknya yang cantik bisa dijadikan dekorasi yang manis dalam makanan. Buah unik ini dibanderol dengan harga 2,99 poundsterling atau setara dengan 41 ribu rupiah untuk 125 gram.

Tidak hanya pineberry, stroberi juga bisa direkayasa hingga berwarna biru. Rekayasa ini dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama genetically nodified organism. Pada dasarnya, spesies baru dapat diperoleh dengan cara penambahan atau pengurangan gen dari spesies yang berbeda untuk mendapatkan varietas baru, tetapi sayang, belum ada pernyataan yang mendukung apakah stroberi biru ini aman dikonsumsi atau tidak.




4. Durian Merah
Semua orang pasti tahu dengan buah durian karena memang baunya yang khas dan cukup menyengat serta rasa yang lezat. Namun, tahukah Anda jika durian ada yang berwarna merah. Jika baru mendengar, ini tentunya membuat penasaran karena lazimnya buah durian memiliki warna kulit hijau dan daging berwarna putih kekuning-kuningan. Buah durian merah ini, sejak beberapa tahun terakhir telah menjadi primadona daerah Banyuwangi yang diberi nama gang duren abang, alias gang durian merah.

Menurut pengamat holtikultura, buah durian merah ini juga ditemukan di pedalaman Kalimantan. Namun, durian merah ini di Banyuwangi memiliki rasa yang lebih manis dan legit. Secara fisik durian merah sangat tebal dan lembut. Harganya pun lebih mahal dari durian biasa. Untuk durian merah kecil yang berat nya mencapai satu kilogram, dijual seharga 25 ribu rupiah dan berat 2 kilogram bisa mencapai 50.000 kilogram.

Durian merah ini lebih mahal karena tanamannya tergolong langka. Di Banyuwangi saja hanya ada dua pohon durian merah. Satu pohon milik Sulaimi di desa Balak, Kecamatan Songgon, dan satu lagi tumbuh di halaman rumah Serad, warga desa Kemien Kecamatan Glagah. Menurut pemiliknya, Sulaimi, pohon durian merahnya dipercaya telah berusia ratusan tahun. Untuk satu pohon, durian merah yang dipanen bisa mencapai 150 buah.


5. Semangka Kotak
Semangka kotak atau berbentuk segi empat adalah hasil olahan petani di prefektur Kagawa, sebelah barat daya pulau Shikoku. Tidak ada bibit tertentu untuk membuat semangka kotak ini. Para petani di Jepang hanya memasukkan buah semangka yang masih tumbuh ke dalam sebuah kotak berbentuk kaca. Dengan semangka kotak ini, para petani tidak lagi kesulitan menyimpan pada saat memanennnya karena memang lebih praktis. Semangka kotak bisa ditumpuk, ditempatkan di sudut, dipaketkan dalam pengiriman, dan lain-lain.

Bagi mereka yang suka dengan semangka, tentu sangat senang dengan hadirnya varietas semangka kotak ini. Namun, sepertinya yang dimaksud hanya sebatas senang melihat kreasinya karena harganya benar-benar tidak masuk akal. Dibandingkan dengan semangka di Indonesia yang harganya hanya puluhan ribu rupiah, semangka kotak di Jepang ini konon dijual dengan harga 800 ribu rupiah per buah. Karena tingkat eksklusivitasnya yang tinggi, konon semangka kotak ini menjadi hadiah untuk orang-orang penting dan acara formal.

Dalam kurun waktu belakangan ini, selain semangka kotak muncul juga semangka-semangka bentuk lain. Yang sudah diperlihatkan dan dijual ke pasar di antaranya semangka segitiga, semangka berbentuk hati, hingga semangka berbentuk wajah manusia. Uniknya lagi, belum lama in muncul semangka yang sangat kecil atau memiliki ukuran yang sama dengan buah klengkeng.






Sumber

Sponsored
Copyright 2011. All rights reserved.
artist photos