Dapatkan info terbaru via Facebook. Silahkan klik LIKE / SUKA.

?

5 Pohon Tertua di Dunia (Bagian I)

Sponsored

5 Pohon Tertua di Dunia (Bagian I)

Di berbagai belahan dunia, terdapat beberapa pohon yang terdokumentasikan sebagai pohon tertua di dunia. Bahkan beberapa diantaranya, masih hidup dan terpelihara baik hingga kini. Pohoh-pohon tersebut, memiliki daya tarik tersendiri. Beberapa diantaranya bahkan menjadi objek wisata yang ramai dikunjungi orang, hingga kini. Berikut uniknya.com, sajikan untuk anda:

1. Pohon Yew Llangernyw, (5000 tahun)
Yew Llangernyw adalah jenis pohon kuno (Taxus baccata) di halaman gereja di desa Llangernyw di Conwy County Borough, North Wales. Pohon ini terfragmentasi dan bagian intinya telah hilang, meninggalkan cabang besar beberapa bagian. Ketebalan pohon dibagian dasarnya adalah 10,75 m. Meskipun sangat sulit untuk mengetahui secara pasti umur pohon Yew, namun diyakini berusia 4.000 tahun dan 5.000 tahun.

Pohon Yew Llangernyw (Sumber: wordpress.com)

2. Pohon Sarv-e Abarqu, (> 4000 tahun)
Sarv-e Abarqu (“cemara dari Abarqu”), juga disebut Sarv Zoroaster, adalah sebuah pohon berjenis (Cupressus sempervirens) cemara yang terletak di Abarkuh, Yazd, Iran. Pohon ini adalah pohon yang menjadi monumen nasional Iran dan juga sebagai daya tarik wisata utama di Iran. Dengan tinggi 25 meter, pohon ini diperkirakan berusia lebih dari empat ribu tahun dan mungkin juga menjadi pohon tertua di benua Asia.

Pohon Sarv-e Abarqu (Sumber: wordpress.com)

3. Pohon Senator, (3500 tahun)

Senator adalah nama sebuah pohon cemara, dengan nama ilmiah Taxodium ascendens yang bisa dibilang sebagai salah satu pohon cemara tertua di dunia. Pohon ini, terletak di Taman Big Tree, Longwood, Florida. Pada saat kematiannya,pohon ini memiliki tinggi 125 kaki (38 m), dengan diameter batang 17,5 kaki (5,3 m). Pohon Senator hancur oleh api pada tanggal 16 Januari 2012.

Pohon Senator (Sumber: wordpress.com)

4. Pohon Sugi Kayano, (2300 tahun)
Pohon ini adalah pohon jenis Cryptomeria (Sugi) yang terdapat di Yamanaka Onsen di Kaga, Ishikawa Prefecture, Jepang. Salah satu dari empat pohon ini diyakini suci dan terdapat di Kuil Sugawara, dan telah ditetapkan sebagai Monumen Alam Khusus dari Badan Urusan Budaya Jepang.

Pohon yang memiliki tinggi 54,8 m, dasarnya memiliki ukuran 11,5 m ini, terbagi menjadi dua batang yang masing-masing terpaut 4,9 m di atas permukaan tanah. Pada tahun 1928, Profesor Manabu Miyoshi dari Tokyo Imperial University memperkirakan usia pohon tersebut mencapai 2.300 tahun.

Pohon Sugi Kayano (Sumber: wordpress.com)

5. Pohon Yew Fortingall, (2000 tahun)
Yew Fortingall adalah pohon yew kuno (Taxus baccata) yang terletak di gereja desa di Fortingall di Perthshire, Skotlandia. Berbagai perkiraan telah menempatkan pohon ini sebagai pohon tua yang memiliki antara 2.000 dan 5.000 tahun. Penelitian terbaru dari usia pohon ini menunjukkan kemungkinan hanya 2.000 tahun. Hal ini tentunya masih membuat pohon ini sebagai salahsatu pohon tertua di Eropa.

Pohon Yew Fortingall (Sumber: wordpress.com,uniknya.com)

Sumber

Sponsored
Copyright 2011. All rights reserved.
artist photos