Persalinan Normal Rahasia Mambuat Bayi Jenius

Persalinan Normal Rahasia Mambuat Bayi Jenius

PARA peneliti dari Yale University, Amerika Serikat, menemukan adanya keistimewaan pada bayi yang terlahir dengan proses persalinan normal.


Bayi yang lahir secara normal kemungkinan memiliki IQ lebih besar daripada bayi yang lahir dengan proses operasi Caesar.

Kondisi ini disebabkan adanya protein khusus dalam otak bayi hasil persalinan normal yang bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan dan kecerdasan otak.

Protein yang dinamakan UCP2 ini juga membantu si kecil mempertajam ingatan jangka pendek dan jangka panjang, poin penting dalam mengukur tingkat IQ seseorang.

Kesimpulan tersebut diambil setelah tim peneliti mengamati area hippocampal dalam otak. Area ini bekerja lebih aktif pada bayi yang lahir secara normal.

“Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peran penting UCP2 dalam perkembangan sirkuit otak dan perilaku anak,” ujar Dr Tamas Horvath, penggagas studi ini.

Daily Mail melansir, hasil penelitian ini menyeruak setelah perdebatan mengenai proses persalinan terbaik kian memanas selama beberapa tahun terakhir.

Para pakar medis berpendapat, persalinan dengan metode Caesar dapat meningkatkan resiko pendarahan dalam dan dapat memicu masalah kesuburan.

“Penggunaan metode Caesar hanya supaya ibu lebih nyaman saat melahirkan ketimbang adanya desakan kondisi medis, mampu menyebabkan efek berkelanjutan terhadap perkembangan otak,” pungkas Horvath.

Baca juga:

0 comments



Emoticon