Dapatkan info terbaru via Facebook. Silahkan klik LIKE / SUKA.

?

Ditabrak Burung, Pesawat Boeing 737 Bolong

Sponsored

Ditabrak Burung, Pesawat Boeing 737 Bolong


Burung memang tidak sebesar pesawat dan sekuat besi namun jika burung menabrak pesawat ternyata bisa membuat pesawat bolong, inilah yang terjadi pada pesawat Boeing 737 ketika menabrak burung bagian depanya bisa sampai bolong.

ABC 7 News melaporkan, pesawat tersebut mendarat dengan selamat di Bandara International Denver, Colorado, AS. Tidak ada korban akibat insiden ini. Kerusakan terjadi di bagian stabiliser horisontal dan indikator kecepatan di udara.

Pilot tersebut menyadari pesawatnya ditabrak seekor burung dan kemudian menyatakan kondisi dalam keadaan darurat. The National Transportation and Safety Board telah menginvestigasi kasus yang umum terjadi ini.

Namun, pakar biologi meyakini burung itu tidak mungkin satu ekor. “Saya kira itu akibat kumpulan burung dalam jumlah banyak seperti angsa atau bebek. Pasti burungnya lebih dari satu,” ujar ahli biologi alam liar Departemen Pertanian AS, kendra Cross.

Menurutnya, jenis burung itu bisa diketahui dengan cara mengambil sampel dari bekas tubrukan itu. Sebab, burung yang menabrak pesawat itu pasti meninggalkan jejak DNA. “The Smithsonian Institution memiliki katalog database DNA semua spisies burung di dunia. Melalui analisis DNA, bisa diketahui burung apa yang menabrak pesawat itu.”

Steve Cowell, seorang pakar penerbangan menyatakan hidung pesawat merupakan bagian yang paling sering ditabrak burung. “Tapi itu tidak mempengaruhi mesin atau roda pendaratan. Penumpang tidak akan merasakan apa-apa, namun pilot pasti akan mendengar benturan.”

Sponsored
Copyright 2011. All rights reserved.
artist photos