Dapatkan info terbaru via Facebook. Silahkan klik LIKE / SUKA.

?

3 Masjid di Shanghai yang Menarik Untuk Dikunjungi

Sponsored

3 Masjid di Shanghai yang Menarik Untuk Dikunjungi

Shanghai merupakan kota besar di China yang banyak dikunjungi banyak wisatawan asing. Nah bagi kamu yang saat ini berada di kota Shanghai dalam bulan ramadhn ini ada beberapa masjid di Shangai yang menarik untuk kamu kunjungi, mau tahu masjid apa aja itu simak berikut ini.


1. Masjid XiaotaoyuanMasjid ini dibangun pada 1917, direnovasi pada 1925, dan telah direkonstruksi besar-besaran untuk menyambut Shanghai Expo Dunia 2010. Masjid ini adalah salah satu bangunan di Shanghai yang memiliki halaman paling luas. Selain itu, di dalam masjid ada pula perpustakaan dan ruang kelas serta markas Asosiasi Islam Shanghai.

Masjid ini terletak di antara bangunan perumahan di sekitarnya sehingga akan lebih mudah untuk menemukannya. Biasanya ada sekitar 400 orang yang datang untuk salat Jumat dan 2.000 orang atau lebih untuk acara-acara tertentu.

2. Masjid Nu Xing Zhen ShiMasjid khusus perempuan ini didirikan pada 1933. Sang manajer, Fang Ling Di, menjelaskan bahwa masjid ini hanya khusus diperuntukkan kaum hawa. “Masjid ini memiliki sejarah. Ini adalah tempat di mana perempuan datang untuk belajar, pekerjaan dan juga untuk menemukan prospek pernikahan,” jelasnya.

Masjid tersebut direvitalisasi pada 1994 dan kini memiliki ruang salat, perpustakaan, tempat istirahat, dan kamar mandi. Karena perempuan tidak diperlukan untuk menghadiri salat Jumat di masjid, tidak ada imam dan mereka yang datang pada salat Jumat biasanya akan mendengarkan doa melalui pengeras suara dari masjid sebelah. Masjid ini rutin mengadakan acara studi mingguan dan perayaan pada Hari Perempuan Internasional.

3. Masjid Fuyou LuDi belakang Yu Gardens, di pusat Kota Shanghai, terletak masjid tertua yang dibangun pada 1870 oleh Dinasti Qing. Jemaah muslim Nanjing Hui adalah mereka yang membangun masjid tersebut ketika bermigrasi ke Shanghai. Ketika itu, masjid adalah pusat kehidupan budaya jemaah tersebut. Pada awal 1900-an, masjid tersebut dijadikan markas bagi sekolah dasar, Dewan Direksi Islam Shanghai dan Masyarakat Bisnis Muslim.

Masjid ini secara berkala menyelenggarakan doa bersama yang biasanya diikuti 700 orang untuk salat Jumat dan lebih dari 1.000 untuk acara-acara lain. Pada Jumat, di depan masjid akan banyak pedagang yang menjual buah-buahan kering dan roti di pintu masuk.

Sponsored
Copyright 2011. All rights reserved.
artist photos