Dapatkan info terbaru via Facebook. Silahkan klik LIKE / SUKA.

?

Ternyata Semua Negara Didunia Mengenal Mie

Sponsored

Ternyata Semua Negara Didunia Mengenal Mie


Sebagai penggemar berat makanan berbahan Mie, tentu sangat menyenangkan bisa mengetahui seluk beluk tentang makanan yang konon melambangkan panjang umur dan kemakmuran ini. Meskipun tiap negara memiliki sesuatu yang khas dan berbeda-beda namun kesamaannya adalah tiap negara pasti punya masakan yang berbahan dasar Mie. Meskipun sajiannya berbeda seperti jadi Mie Ramen, La Mian mie, Mie Udon dan sebagainya.

Tahukah anda saking terkenalnya Mie sampai memilki hari besar atau ada perayaan khusus. Seperti yang dilansir dalam sheknows.com, bulan Maret adalah bulan di mana semua orang merayakan mie. Bulan ini dikenal dengan nama National Noodle Month.



Dalam budaya China, mie adalah simbol kehidupan yang panjang. Makanya, mie secara tradisional sering disajikan pada acara ulang tahun dan saat Tahun Baru Cina sebagai lambang umur panjang. Sehingga versi kue ulang tahun China adalah mie ulang tahun.

 

Di Jepang, mie dimasukkan ke dalam upacara minum teh Jepang dan membuat mie dianggap sebagai seni tersendiri di negara tersebut. Mie bahkan menjadi lebih penting di Jepang setelah Perang Dunia II, ketika kekurangan makanan dan hanya mie kering yang tersedia.


Bahkan beberapa penelitian menunjukan mi telah dikenal di Cina sejak 4000 tahun lalu. Pasta Italia diperkirakan telah dipengaruhi oleh masakan mi di Asia, hanya saja mi di Italia telah mengalami modifikasi. Mi dapat dibuat dari gandum, beras, kacang hijua, ubi pati, dan soba.



Setiap wilayah akan memiliki ciri khas masing-masing. Ada yang memiliki kesamaan bahan pembuat tetapi memiliki nama yang berbeda, atau sebaliknya.Di Itali misalnya, mi dikenal dengan pasta, sedangkan di Jerman dikenal dengan speatzle. Berbeda dengan India yang menyebutnya mi ragi. Mi di Asia sendiri dikenal dengan beberapa jenis yaitu udon, soun, soba, ramen dan lainnya.



Selain proses pengolahan yang praktis, mi juga dapat dinikmati saat panas atau dingin. Rasanya yang netral dapat digunakan dalam jenis hidangan apa saja, baik hidangan pembuka, menu utama hingga penutup. Di samping itu mi dapat disandingkan dengan jenis bahan pangan lainnya, seperti seafood, daging atau sayur.
wahhh...makin cinta sama mie

Agar lebih praktis kini juga marak yang namanya Mie instan. Di dunia sangat beragam rasa diciptakan untuk mie instan ini, juga di Indonesia. Dari daftar mie instan paling favorit di dunia, ternyata beberapa merk mie instan Indonesia menduduki peringkat.


Sumber : http://food.lintas.me/go/gita-didyouknow.blogspot.com/ternyata-semua-negara-didunia-mengenal-mie/

Sponsored
Copyright 2011. All rights reserved.
artist photos