Dapatkan info terbaru via Facebook. Silahkan klik LIKE / SUKA.

?

Festival Danau Sentani Resmi Ditutup

Sponsored

Festival Danau Sentani Resmi Ditutup


Festival Danau Sentani (FDS) resmi ditutup pada Sabtu (23/6/2012) oleh Bupati Jayapura Jansen Monim. Festival budaya yang bertempat di Pantai Khalkote, Danau Sentani, Kabupaten Jayapura ini merupakan ajang tahunan yang kelima kali dan berhasil menyedot hampir 100 ribu wisatawan.

"Tahun ini, jumlah pengunjung mencapai 97.835 orang dengan perputaran uang terjadi selama festival Rp 5,4 milyar," kata Jansen dalam sambutan penutupan FDS V.

Hanya saja, lanjut Jansen, dalam perjalanan penyelenggaraan, FDS mengalami perkembangan yang tak berimbang terutama sektor kerajinan dan seni. Sehingga, katanya, perlu dukungan dari pemerintah maupun swasta. "Kerajinan khas Papua dapat meningkatkan kunjungan wisatawan. Pantai Khalkote bisa menjadi pusat seni dan kerajinan. Sehingga bisa berdampak pada ekonomi rakyat," tuturnya.

Ia menambahkan, Pantai Khalkote dapat dikembangkan menjadi pusat seni dan kerajinan khas Papua. Sebab, lanjutnya, Pantai Khalkote yang berada di tepi Danau Sentani dekat dengan akses transportasi yaitu Bandara Sentani dan akses ke pemerintahan yaitu Kota Jayapura juga mudah "Tari perang Felabhe yang ditampilkan di pembukaan mirip seperti Tari Kecak di Bali. Tarian ini dapat menjadi daya tarik dan promosi untuk Festival Danau Sentani ke depan," jelasnya.

Di FDS, pengunjung dapat melihat berbagai tradisi khas Papua. Seperti cara pembuatan sagu secara tradisional, anyam rambut keriting, lomba dayung, suling tambur, dan pertunjukan tradisi lainnya.

Belum lagi aneka suguhan tari-tarian tradisional. Pilihan lain adalah berwisata kuliner di sepanjang tepi danau yang menjadi tempat festival. Para wisatawan dapat mencicipi aneka makan an khas seperti papeda sampai mencoba pinang sirih kegemaran orang Papua. Pengunjung juga diajak menikmati tur wisata berupa tur Danau Sentani, tur kanal, dan tur kota Sentani.

Aneka kerajinan khas Papua seperti batik Papua dan noken juga dapat dibeli di festival ini. FDS berlangsung mulai tanggal 19-23 Juni 2012. Jika Anda terlewatkan FDS tahun ini, Anda dapat mengikuti festival tersebut tahun depan. FDS kali keenam menurut rencana diselenggarakan pada 19 Juni 2013.

Sumber : http://travel.kompas.com/read/2012/06/23/13201664/Festival.Danau.Sentani.Resmi.Ditutup

Sponsored
Copyright 2011. All rights reserved.
artist photos